LOADING

Type to search

Sehat & Cantik

Waspada, Ini 4 Tanda Kalau Kekebalan Tubuh Sedang Melemah

Tanda kekebalan tubuh sedang melemah
Bagikan

Menjaga imunitas tubuh itu penting. Dengan sistem kekebalan yang baik, aktivitas dapat dilakukan dengan maksimal karena kita tidak mudah sakit.

Untuk menjaga kekebalan tubuh, ada beberapa upaya yang bisa kita lakukan. Antara lain adalah :

  • Menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.
  • Tidur yang cukup dan berkualitas.
  • Manajemen stress yang baik.
  • Olahraga teratur.
  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
  • Menghindari rokok dan alkohol.

Ciri- ciri Kekebalan Tubuh Melemah

Ada saat dimana sistem kekebalan tubuh melemah. Bahkan saat kita sudah mengikuti anjuran di atas, ada kalanya daya tahan tubuh kita dalam keadaan kurang baik.

Berikut ini adalah tanda- tanda yang perlu diperhatikan seperti HaloGeet.com rangkum dari beberapa sumber :

1. Sering sakit

Orang Dewasa umumnya mengalami sakit pilek 1-2 kali dalam setahun. Namun, semakin sering tertular infeksi virus, seperti sakit flu dan batuk yang lama sembuh, mengalami lebih dari empat infeksi telinga atau lebih dari tiga episode sinusitis bakteri setahun, kita harus berhati- hati.

Selain itu, menggunakan antibiotik panjang dua kali setahun juga bisa membuat imunitas berkurang dalam memerangi paparan patogen yang masuk.

2. Sariawan berulang

Kulit punya kemampuan untuk memperbaiki kerusakan saat terjadi luka bakar, luka, dan memar. Tubuh memperbaiki luka dengan cara mengirim darah kaya nutrisi ke luka untuk mempercepat regenerasi kulit. Selanjutnya, proses penyembuhan akan tergantung pada sel- sel kekebalan yang sehat.

Saat ada kekurangan dalam sistem kekebalan tubuh, maka penyembuhannya akan melambat. Ini bisa membuat kita mudah terserang sariawan, dan infeksi kulit lainnya seperti abses.

Jadi jika kamu sering sariawan atau mengalami infeksi kulit, itu tandanya kekebalan tubuhmu sedang dalam kondisi lemah.

Baca Juga :  Hati- hati! Patah Hati Bisa Punya Efek Seperti Serangan Jantung

3. Perut kembung

Sistem pencernaan kita mewakili hampir 70 persen dari seluruh sistem kekebalan tubuh. Terlebih, bakteri dan mikroorganisme baik juga tumbuh disana untuk melindungi usus dari infeksi dan mendukung sistem kekebalan tubuh kita.

Gangguan pada usus dan mikrobanya bisa meningkatkan resiko tertular virus, menyebabkan peradangan kronis, dan bahkan menyebabkan gangguan autoimun seperti Crohn’s.

Ika kamu sering kembung, diare, sembelit, atau merasa begah pada perut, ini artina ada yang sedang tidak beres pada ususmu.

4. Mudah merasa lelah

Tubuh bisa memberi sinyal saat kita sedang tidak punya energi untuk beraktivitas. Jadi waspadalah jika kita masih merasa lelah meski sudah cukup tidur dan tidak melakukan aktifitas fisik yang berat. Karena ini berarti imun tubuhmu sedang tidak maksimal.

Gejala yang sering muncul antara lain nyeri sendi, mual, dan juga penurunan nafsu makan. Terutama pada penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh berhenti melawan faktor- faktor eksternal dan mulai memperlakukan jaringannya sendiri seolah- olah mereka adalah musuh.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Kekebalan Tubuh Mulai Melemah?

Jika kekebalan tubuh sedang melemah maka kita perlu melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan imunitas itu kembali. Selain meningkatkan nutrisi dalam sajian makan, kita juga bisa menambah asupan vitamin atau suplemen makanan, dan istirahat cukup.

Untuk suplemen, sebaiknya tidak untuk konsumsi jangka panjang. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan ya.

Baca Juga :  Nahan Pipis itu Bahaya Banget untuk Ibu Hamil. Ini Bisa Menyebabkan Bayi Meninggal Setelah Dilahirkan

Jangan paksakan tubuh jika memang kondisinya sangat lelah dan membutuhkan istirahat lebih. It’s okay kok buat take a break.


Bagikan

Comments

comments

Tags: