Type to search

Relationship

7 Hal yang bikin Kamu Sulit Move On dari Mantan Pacar

Penyebab susah move on dari mantan pacar
Share :

Konon katanya kenangan dengan mantan itu bisa terasa lebih manis pas kita sudah putus. Ini sering menjadi penyebab utama sulit move on dari mantan. Bisa jadi karena kita sebenernya kangen dengan momen itu atau kita memang lagi terjebak sindrom susah move on dari mantan.

Susah move on in sendiri sebenarnya sering terjadi pada banyak orang. Terutama pasangan yang baru putus. Sedih, galau, dan kesepian menjadi kombinasi perasaan yang bikin kamu inget terus sama si mantan.

Padahal di sisi lain, kamu pengen move on agar bisa lebih menikmati hidup dan bisa menemukan cinta yang baru. Ehhhhhh… tapi kok rasanya berat banget? Kira- kira apa sih yang ganggu banget ini?

Menurut pakar hubungan, Rori Sasson, ada beberapa hal yang bikin kamu sulit move on dari mantan. Bisa jadi, ini yang juga terjadi pada kamu :

1. Kamu dan mantan berada di lingkungan sosial yang sama

Susah move on karena satu lingkaran pertemanan

Semakin lama kita bersama dengan seseorang, besar kemungkinan kita punya lingkaran pertemanan yang sama. Nah, lingkaran pertemanan ini nih yang sering menjadi faktor utama seseorang sulit move on dari mantan.

Saat ada sesuatu yang sedang terjadi misalnya, salah satu temanmu mungkin mengabari kalau dia melihat sang mantan lagi nge-date bersama orang baru. Akhirnya kamu inget lagi dan kepo lagi dengan si mantan.

Baca Ini Juga Ya :   6 Alasan Pasangan yang Lama Pacaran Justru Cepat Pisah Setelah Menikah

2. Kamu masih suka stalking akun media sosial mantan

Efek buruk stalking mantan pacar

Media sosial juga bisa menjadi media yang bikin kamu susah move on dari mantan. Kok bisa? Karena kamu menggunakan akun mu atau bahkan rela bikin akun palsu demi bisa stalking mantan.

Serius deh, ini nggak ada gunanya. Selain bikin kamu makin terpuruk, stalking akun mantan juga bisa memberi lima efek buruk ini.

Kira- kira kapan nih bakal bisa move on kalau gini terus?

3. Kamu masih suka gelisah mikirin mantan

Ini sebenarnya normal. Tapi kalau kamu sampai nggak bisa mengendalikan pikiran dan kegelisahanmu, ini bakal sangat mengganggu.

Kamu jadi meragukan kemampuan dirimu buat move on dan menikmati hidup tanpa si mantan. Atau bahkan kamu akan kehilangan rasa percaya dirimu. Apalagi kalau kamu sampai menyalahkan dirimu atas kandasnya hubungan kalian.

Sebaliknya, kamu perlu mengendalikan pikiranmu dan memahami bahwa hubungan bisa kandas karena satu dan lain hal. Dan bukan berarti kamu sepenuhnya disalahkan atas kandasnya hubungan itu.

Baca Ini Juga Ya :   Ilustrasi Ini Bisa Jadi Bukti Kalau Gaya Pacaran Remaja vs Orang Dewasa itu Beda Banget

4. Masih intens ngobrol dengan mantan

Tetap menjaga silaturahmi itu sah- sah saja. Karena meskipun putus, kalian tetap bisa kok berteman dan menyikapi putusnya hubungan kalian dengan dewasa.

Tapi jika ngobrol kalian selalu intens setiap hari, ini bisa membuat kamu sulit move on dan ragu dengan status hubungan kalian. Apakah sebenarnya masih tertarik satu sama lain? Atau sebenarnya kamu menjadi korban php si mantan?

Apapun itu, yang pasti ini akan bikin kamu susah move on dari si mantan.

5. Menolak kencan atau dekat dengan orang lain

via Pixabay

Kamu perlu membuka diri dengan hubungan baru. Dan kadang ini juga kamu perlukan untuk bisa melupakan seseorang.

Bukan berarti kamu langsung harus mengiyakan hubungan baru, tapi cobalah untuk tidak menghindari kedekatan dengan orang lain.

Dengan lebih membuka diri, kamu akan menyadari bahwa mungkin kamu bisa menemukan sosok yang lebih tepat untukmu. Pikiranmu juga nggak melulu untuk kenangan bersama mantan saja.

Loading...

6. Masih menyimpan hadiah yang membuatmu sering teringat mantan

Beberapa hadiah dari mantan mungkin memberi memori indah dari hubunganmu yang terdahulu. Jika kamu bisa mengendalikan perasaanmu terhadap memori itu, tentu tidak masalah.

Tapi jika hadiah ini membuat kamu terus- terusan ingat kenangan mantan, akan lebih baik untuk menyingkirkan hadiah itu. Kamu nggak harus membuangnya kok, tapi kamu bisa menghibahkannya pada orang lain.

Baca Ini Juga Ya :   Jangan Ragu Menikah Muda, Ini Dia Manfaatnya

7. Kamu menolak untuk melepas dan menjadi lebih baik

Move on dari mantan adalah belajar melepaskan
Kunci move on itu ada di diri sendiri sebenarnya

Belajar melepaskan memang nggak mudah. Tapi jika ingin pulih sepenuhnya dari patah hati, ini harus kamu lakukan.

Kamu nggak perlu memungkiri kalau kamu pernah menjalin hubungan yang indah bersama mantan. Tapi di sisi lain, kamu harus belajar melepaskan dan mengikhlaskan.

Jika perlu, kamu boleh minta bantuan orang- orang di sekitarmu untuk melakukan ini. Kamu bisa meluangkan lebih banyak waktu bersama mereka sembari kamu belajar melepas masa lalu. Atau kamu bisa meningkatkan kualitas Me Time.

Untuk melepaskan, kamu membutuhkan kenyamanan dan dikelilingi dengan rasa cinta. Entah itu cinta dari orang di sekelilingmu atau juga cinta untuk diri sendiri.

Setelah berhasil melepaskan, keinginan untuk menjadi lebih baik akan semakin besar. Dan dengan sendirinya, kamu akan belajar move on dari kenanganmu bersama mantan.

Loading...

Share :

Komentar

komentar

Loading...