Type to search

Hubungan

Kepanjangan LDR & Tips Ampuh Langgeng dalam Hubungan Jarak Jauh

Kepanjangan LDR dan Tips Menjaga Hubungan Jarak Jauh

Menjalani hubungan jarak jauh atau LDR memang bukan hal yang mudah. Tantangannya cukup berat. Mulai dari rindu yang mendalam, kesulitan berkomunikasi, kecemburuan, hingga godaan untuk selingkuh. Apalagi di era teknologi saat ini, terkadang pasangan lebih asik dengan gadget masing-masing daripada mengobrol via telepon atau video call.

Namun LDR bukan berarti mustahil untuk dijalani. Dengan komitmen kuat dan usaha ekstra dari kedua belah pihak, LDR bisa bertahan bahkan sampai ke jenjang pernikahan.

Kepanjangan LDR

LDR berasal dari kalimat bahasa Inggris, Long Distance Relationship. Dalam bahasa Indonesia, kita bisa mengartikan hubungan ini sebagai hubungan jarak jauh.

Per definisi, LDR atau hubungan jarak jauh berasal dari adalah hubungan romantis di mana pasangan tidak tinggal berdekatan secara fisik. Biasanya mereka tinggal di kota, provinsi, negara, bahkan benua yang berbeda.

Pelaku LDR bukan hanya mereka yang masih pacaran. Tidak jarang mereka yang sudah menikah pun harus menikmati tantangan ini karena satu dan lain hal. Dalam bahasa gaul, untuk mereka yang sudah menikah, LDR ini dapat bergeser menjadi istilah LDM, atau Long Distance Marriage, alis Pernikahan Jarak Jauh. Meskipun sudah menikah, namun ada halangan yang membuat mereka tidak tinggal serumah karena terpisah kota hingga benua.

10 Tips Bertahan dalam Hubungan Jarak Jauh LDR

Menjalani LDR memang sebuah tantangan dalam sebuah hubungan. Tidak sedikit pasangan yang tidak sanggup menjalani fase ini lantaran karena berbagai godaan. Namun tidak jarang juga, mereka berhasil karena komitmen yang kuat dan terus berlanjut hingga ke jenjang berikutnya.

Untuk kamu yang saat ini tengah menjalani LDR, ini beberapa tips untuk membantu kamu tetap bertahan dengan baik di hubungan jarak jauh ini :

1. Menjaga Komunikasi

Komunikasi yang baik sangat penting untuk menjaga hubungan jarak jauh tetap langgeng. Beberapa tips untuk menjaga komunikasi yang baik:

  • Sering berkomunikasi, baik lewat telpon, video call, chat, dan lainnya. Usahakan untuk selalu stay connected satu sama lain. Jangan biarkan jeda komunikasi terlalu lama. Kamu juga bisa sesekali mengirimkan kata- kata romantis LDR untuk membuat hubungan kalian tetap terasa manis.
  • Jadwalkan waktu khusus untuk berkomunikasi setiap harinya. Misalnya sepulang kerja atau sebelum tidur. Dengan begitu pasangan bisa saling berbagi kabar atau cerita sehari-hari. 
  • Gunakan berbagai platform komunikasi seperti WhatsApp, Line, FaceTime, Zoom, dan lainnya. Variasikan cara komunikasi agar hubungan tetap menyenangkan.
  • Lakukan video call sesekali agar bisa bertatap muka meski jarak jauh. Ini bisa membuat hubungan terasa lebih dekat.
  • Luangkan waktu berkualitas saat berkomunikasi. Jangan sambil mengerjakan hal lain agar fokus pada pasangan.

Dengan komunikasi yang konsisten dan berkualitas, hubungan LDR pasti bisa tetap langgeng dan bahagia.

2. Saling Percaya

Kepercayaan adalah kunci utama dalam menjaga hubungan jarak jauh agar tetap langgeng dan bahagia. Tanpa kepercayaan, hubungan apapun tidak akan bertahan lama.

Untuk menumbuhkan kepercayaan dalam hubungan jarak jauh, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Hindari curiga berlebihan terhadap pasangan karena ini bisa menjadi red flag dalam hubungan kalian. Jangan mudah percaya dengan gosip atau prasangka buruk mengenai pasangan tanpa bukti yang jelas. Berikan kesempatan pasangan untuk menjelaskan sebelum menarik kesimpulan. 
  • Berikan kebebasan pada pasangan untuk mengembangkan diri. Jangan terlalu mengekang atau melarang pasangan melakukan aktivitas sosial atau hobi tertentu. Percayalah bahwa pasangan tahu batasan dalam berinteraksi dengan lawan jenis.
  • Jangan bersikap terlalu posesif dan menuntut perhatian berlebihan dari pasangan. Pasangan juga butuh waktu untuk mengurus pekerjaan, keluarga, teman, dan kegiatan pribadinya. 
  • Jaga komunikasi yang terbuka, jujur dan penuh pengertian. Dengarkan keluh kesah pasangan tanpa menghakimi. Diskusikan masalah dengan kepala dingin dan cari solusi bersama.
  • Percaya dan yakini bahwa pasangan memilih untuk setia dalam hubungan. Jangan ragu atas komitmen pasangan untuk menjalin hubungan serius dengan Anda.
Baca Juga :  Mengenal Micro Cheating, ‘Selingkuh Kecil’ si Penghancur Hubungan

Dengan saling percaya dan yakin satu sama lain, hubungan jarak jauh akan lebih mudah bertahan meski terpisah secara fisik. Rasa curiga dan ketidakpercayaan hanya akan memperkeruh hubungan dan membuat pasangan merasa terkekang.

3. Rencanakan Pertemuan 

Rencanakan jadwal pertemuan secara rutin bersama pasangan. Kunci utama menjaga hubungan jarak jauh adalah komitmen untuk bertemu secara reguler. Atur jadwal kapan kalian bisa bertemu, baik secara langsung maupun melalui video call. Usahakan bertemu paling tidak sebulan sekali.

Jika memungkinkan, atur pertemuan di akhir pekan agar bisa menghabiskan waktu lebih lama bersama. Biarkan pasangan tahu bahwa dia penting bagimu dan kamu bersedia meluangkan waktu untuk bertemu.

Tunggu dengan penuh semangat saat-saat pertemuan dengan pasangan. Ini akan menjadi penyemangat di tengah rutinitas yang terpisah jarak. Rencanakan kegiatan menyenangkan saat berjumpa nanti.

Nantikan momen pertemuan dengan penuh antusiasme. Pertemuan langsung dapat memperkuat ikatan kalian dan meningkatkan komitmen untuk melanjutkan hubungan LDR.

4. Tetap Terbuka 

Dalam hubungan LDR, sangat penting bagi pasangan untuk tetap terbuka dan saling berbagi perasaan serta pengalaman sehari-hari. Kuncinya adalah komunikasi jujur dan teratur.

Meskipun tidak bertemu setiap hari, pasangan harus meluangkan waktu khusus setiap hari untuk mengobrol dan membagi kisah tentang harinya masing-masing. Apa yang dirasakan dan dialami, baik positif maupun negatif. Dengan begitu, pasangan bisa merasa lebih dekat meski terpisah jarak.

Saling bercerita tentang aktivitas dan perasaan sehari-hari dapat menjaga ikatan emosional tetap kuat. Pasangan juga bisa merasa lebih memahami satu sama lain. Jangan ragu untuk membagi perasaan rindu, sedih, senang, marah, atau frustrasi. Justru dengan berbagi, pasangan bisa menemukan cara mengatasi masalah bersama.

Menjaga keterbukaan juga berarti tidak ada rahasia di antara pasangan. Jika ada sesuatu yang mengganggu pikiran, sebaiknya segera dibicarakan, jangan ditunda. Dengan berbagi sepenuhnya, kepercayaan dan ikatan cinta tetap terjaga meski jarak memisahkan.

Baca Juga :  18 Ide Pre Wedding Kasual di Luar Ruangan. Santai, Keren & Manis

5. Hadapi Tantangan Bersama  

Tips agar Hubungan Jarak Jauh LDR Langgeng

LDR tentu tidak selalu berjalan mulus. Ada kalanya pasangan akan menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan. Mulai dari kesibukan masing-masing, perbedaan waktu, hingga godaan dari lingkungan sekitar.

Kuncinya adalah saling mendukung satu sama lain dalam menghadapi tantangan tersebut. Beri semangat kepada pasangan saat mereka merasa lelah atau putus asa. Dengarkan keluh kesah mereka tanpa menghakimi. Bantu mereka melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda.

Ingatlah bahwa kamu dan pasangan adalah satu tim. Hadapi tantangan bersama-sama dan carilah solusi yang terbaik untuk hubungan kalian. Jangan saling menyalahkan atau melempar kesalahan satu sama lain. Tunjukkan bahwa kamu siap berjuang bersama demi mempertahankan hubungan ini. 

Dengan saling mendukung dan memberi semangat, hubungan LDR pasti bisa melewati badai dan tantangan apapun. Pegang teguh komitmen dan kepercayaan di antara kalian berdua. Yakinkan diri bahwa cinta sejati mampu mengatasi jarak dan rintangan.

6. Rencanakan Masa Depan

Rencanakan masa depan bersama pasangan adalah hal penting dalam menjaga hubungan LDR. Tetapkan tujuan hubungan jangka panjang seperti menikah dan tinggal serumah di masa depan. Rencana ini akan memberi harapan dan tujuan yang jelas untuk hubungan.

Diskusikan preferensi masing-masing tentang lokasi ideal untuk tinggal bersama. Apakah akan pindah ke kota pasangan atau mencari tempat baru bersama? Pertimbangkan faktor seperti pekerjaan, lingkungan, dekat dengan keluarga, dan biaya hidup.

Atur jadwal yang realistis untuk pindah bersama. Misalnya dalam 1 atau 2 tahun ke depan setelah merampungkan pendidikan atau mengumpulkan dana yang cukup. Rencana yang jelas ini akan memotivasi kedua pasangan untuk terus bekerja keras menjaga hubungan hingga saatnya tiba.

Bicarakan juga masalah pernikahan seperti kapan ingin menikah, di mana upacara dan resepsinya dilakukan, bagaimana dengan agama dan keyakinan masing-masing. Rencana pernikahan yang matang penting bagi pasangan LDR untuk menjaga komitmen dan memiliki pengharapan bersama di masa depan.

Dengan merencanakan masa depan, pasangan LDR memiliki tujuan yang jelas untuk terus mempertahankan hubungan meskipun terpisah jarak. Rencana ini juga memperkuat ikatan emosi dan komitmen pasangan.

7. Jaga Kehidupan Sosial

Dalam hubungan jarak jauh, penting untuk tetap menjaga kehidupan sosial di luar pasangan. Jangan terjebak hanya berinteraksi dengan pasangan saja.

Tetaplah berhubungan dengan teman-teman dan keluarga secara rutin. Carilah kegiatan sosial yang bisa dilakukan secara berkala seperti olahraga kelompok, komunitas hobi, atau kelas memasak. Hal ini membantu menjaga keseimbangan dan mencegah terlalu bergantung pada pasangan.

Dengan tetap aktif secara sosial, Anda bisa mendapat dukungan teman saat menghadapi tantangan dalam hubungan LDR. Anda juga bisa tetap menikmati interaksi tatap muka meski berjauhan dengan pasangan.

Jadilah bagian dari komunitas di luar hubungan Anda. Ikuti minat dan hobi yang memberi makna. Biarkan diri Anda tumbuh sebagai individu. Dengan begitu, hubungan menjadi lebih sehat dan berkualitas.

Baca Juga :  Harus Kuat! Ini Dia 10 Godaan yang Akan Kamu Alami Menjelang Pernikahan

8. Beri Dukungan Penuh

Dukung pasangan untuk mengejar passion dan impiannya  adalah salah satu kunci untuk menjaga hubungan LDR tetap langgeng dan bahagia. Ketika pasangan Anda memiliki mimpi yang ingin dicapai atau passion yang ingin dijalani, berikanlah dukungan penuh agar dia bisa meraihnya.

Ketika pasangan Anda merasa didukung dan dipercaya untuk mengejar impiannya, dia akan merasa dihargai dan dicintai. Hal ini penting untuk menjaga ikatan batin dan keintiman dalam hubungan jarak jauh. Dengan memberikan dukungan, Anda menunjukkan bahwa Anda peduli dengan kebahagiaan dan pertumbuhan pasangan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendukung impian dan passion pasangan, diantaranya:

  • Dengarkan dengan penuh perhatian tentang apa impian dan passion pasangan. Tanya detailnya dan tunjukkan antusiasme. 
  • Berikan motivasi dan semangat ketika pasangan sedang berjuang meraih mimpinya. Kirim pesan dan kata-kata positif untuk menyemangatinya.
  • Bantu pasangan merencanakan langkah-langkah untuk mewujudkan mimpinya. Diskusikan strategi dan rencana aksi yang bisa dilakukan.
  • Tetap berkomunikasi dan pantau perkembangannya. Tanyakan kabar tentang pencapaian impiannya dari waktu ke waktu. 
  • Hargai setiap pencapaian pasangan, sekecil apapun itu. Pujilah kerja kerasnya.

Dengan memberikan dukungan penuh, Anda memperkuat hubungan dan kepercayaan satu sama lain. Pasangan Anda akan merasa dipahami dan dihargai. Ia juga akan semakin termotivasi untuk meraih cita-citanya karena tahu Anda ada di belakangnya.

9. Rutin Lakukan Hal Menyenangkan

Meskipun terpisah jarak, Anda dan pasangan bisa tetap menikmati waktu bersama dengan melakukan kegiatan menyenangkan secara rutin. Ini bisa memperkuat ikatan dan rasa dekat meski berjauhan.

Beberapa ide kegiatan menyenangkan di LDR:

Tonton Film Bersama 

Tonton film favorit bersama sambil video call. Saling berkomentar dan tertawa bersama saat menyaksikan adegan lucu atau mengharukan. Rasakan sensasi menonton berdua meski terpisah ratusan kilometer. 

Main Game Online

Main game daring bersama sangat menyenangkan. Anda bisa memilih game favorit dan berkompetisi atau bekerja sama melawan musuh. Seru rasanya mengalahkan lawan sambil mengobrol dan bercanda dengan pasangan.

10. Kirim Hadiah Kejutan 

Kejutan akan membuat hubungan tetap terasa manis dan hangat meski terpisah jarak. Untuk pasangan LDR, cobalah sesekali memberi surprise pasangan dengan kiriman hadiah ke rumah atau kantornya.

Beberapa ide hadiah yang dapat kamu coba misalnya mengirim makanan kesukaan, buket bunga, cokelat, boneka, atau apa pun yang spesial. Ini akan membuat pasangan merasa dicintai dan dirindukan.

Dengan rutin melakukan aktivitas menyenangkan bersama meski LDR, kamu dapat mempertahankan kedekatan dan keharmonisan hubungan. Jangan biarkan jarak memisahkan kalian.

Comments

comments

Tags:
0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap