LOADING

Type to search

Hubungan Pengembangan Diri

7 Alasan Penting Mengapa Wanita Menikah Harus Punya Penghasilan Sendiri

Alasan wanita menikah harus punya penghasilan sendiri
Bagikan

Banyak yang beranggapan kalau wanita yang sudah menikah tidak perlu punya penghasilan sendiri. Pasalnya, peran mencari nafkah atau bekerja sering disebut sebagai kewajiban si pria.

Memang benar pria harus bekerja, tapi bukan berarti wanita tidak perlu punya penghasilan sendiri, bukan?

Setelah meninggalkan masa lajang ke jenjang pernikahan, akan ada banyak perubahan dalam hidup kita. Ada prioritas baru yang menjadi acuan hidup kita selanjutnya, yaitu keluarga.

Apalagi saat kamu dan pasangan sudah punya momongan. Maka kamu harus mencurahkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk putra- putri tercinta.

Namun, ada dilema besar yang kerap menghantui para wanita saat sudah berumah tangga. Mereka sering dilema apakah akan fokus mengurus rumah tangga saja, atau sekaligus berkarir. Hal yang satu ini memang sering bikin galau!

Alasan Mengapa Wanita Menikah Tetap Harus Punya Penghasilan Sendiri

Nggak ada yang salah untuk perempuan tetap berkarir setelah menikah. Ada juga segudang alasan mengapa wanita menikah juga harus punya penghasilan sendiri

Meski begitu, ada juga segudang alasan lain mengapa wanita juga tetap harus punya penghasilan sendiri meski sudah menikah. Penasaran alasannya? Simak ulasan Halo Geet berikut ini yaa…

1. Dengan penghasilan sendiri, wanita juga bisa membantu perekonomian keluarga. Kebutuhan rumah tangga akhirnya bisa disangga berdua

Sebagai kepala rumah tangga, suami memang punya tanggung jawab besar dalam urusan mencari nafkah. Tapi di jaman modern ini, saat wanita dan pria sudah setara, nggak ada salahnya jika perempuan juga bekerja di luar meniti karir.

Saat istri membantu mencari nafkah, kekompakan akan semakin terjalin karena keduanya bahu membahu untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Beban menjadi semakin ringan, dan tabungan keluarga menjadi semakin lebih tertata.

Baca Juga :  Akhiri Segera! Ini 10+ Tanda Hubungan mu Menjurus ke Toxic Relationship

2. Bekerja membuat tetap mandiri. Kalau ada hal yang nggak diinginkan, tabunganmu hasil bekerja bisa dimanfaatkan sewaktu- waktu

 Saat sudah berumah tangga sendiri, kamu harus siap menghadapi situasi- situasi mendesak yang datangnya sering nggak terduga.

Misalnya saat tiba- tiba suami sedang sakit, atau ada musibah di keluarga yang nggak terduga. Di situasi ini, akan melegakan saat istri punya tabungan yang bisa membantu meringankan masalah.

Terlebih jika ada hal- hal yang nggak diinginkan dalam pernikahan, seperti bercerai misalnya, maka kamu nggak bingung lagi buat mencari sumber penghasilan. Tentunya karena kamu terbiasa mandiri dan punya penghasilan sendiri.

3. Ada perasaan bangga karena kamu bisa beli barang yang kamu mau tanpa harus selalu minta ke suami

Namanya juga perempuan, pasti sering banget mengalami yang namanya laper mata. Nah, saat kamu punya penghasilan sendiri, rasa lapar mata kamu ini bisa terpuaskan tanpa kamu harus selalu minta ke suami.

Kamu bisa menggunakan sebagian uang kamu buat bersenang- senang, sebagian lagi buat beramal, dan sebagian lagi masih bisa buat menabung. Coba deh kamu bayangin, happy banget kan?

4. Punya penghasilan sendiri bisa bikin kamu makin percaya diri

Yang ini jelas. Bekerja dan mempunyai penghasilan sendiri membuat kamu semakin yakin dengan kemampuan dirimu sendiri. Kebanggaan mu bukan sekedar karena ego, tapi karena kamu bisa memikul tanggung jawab dua peran sekaligus, yaitu sebagai istri-ibu.

Selain itu, kamu juga pribadi yang bertanggungjawab dengan perusahaan tempatmu bekerja. Kemampuan kamu berkembang juga jadi semakin besar.

Baca Juga :  Jodoh itu Misterius Karena Kamu Nggak Peka. Bisa Jadi Dia Orang Terdekat Kamu Saat Ini

5. Ada kepuasan tersendiri yang bakal kamu rasakan saat kamu ikut andil dalam perekonomian keluarga

Bisa membantu perekonomian keluarga dengan uang hasil keringatmu sendiri bakal menciptakan kepuasan tersendiri. Hal ini memang nggak mudah. Ini lah yang bikin orang- orang di sekitarmu juga semakin respek sama kamu!

6. Bekerja membuatmu semakin pintar dan dewasa karena skill dan pengetahuan mu selalu terasah

Bekerja bukan hanya cara menghasilkan uang, tapi sekaligus cara membuat perempuan belajar banyak hal. Skill dan pengetahuan akan bertambah.

Kamu akan menjadi sosok yang lebih dewasa seiring dengan pengalaman yang kamu pelajari di dunia pekerjaan. Kamu juga akan menjadi sosok yang lebih bertanggungjawab karena kamu dituntut untuk bisa menjalankan dua peran sekaligus.

7. Kamu bakal punya banyak relasi dari dunia kerja yang membuatmu hidupmu semakin mudah dan nggak membosankan

Bekerja bukan hanya membuat kamu menjadi sosok yang produktif, tapi juga membuatmu menambah relasi. Kamu bakal punya teman- teman yang bisa diajak bertukar pikiran, curhat, dan ketawa bareng saat kamu lagi bosan, capek dan jenuh. 

Bekerja setelah menikah memang banyak manfaatnya untuk wanita. Namun, perlu diingatkan lagi, baik ibu bekerja dan ibu rumah tangga, dua- duanya adalah peran yang sama- sama mulia untuk wanita.


Bagikan

Comments

comments

Tags:

You Might also Like