Type to search

Hack Perlu Tahu

Resmi! Hari Ini Sudah Bisa Klaim Token Listrik Gratis PLN dari Situs Resmi

Cara klaim token listrik PLN gratis
Share :

Secara resmi pemerintah merealisasikan program listrik gratis 3 bulan untuk pelanggan PLN dengan daya 450 VA (listrik gratis PLN). Sedangkan untuk pelanggan 900 VA subsidi, pemerintah memberikan diskon tarif listrik 50 persen yagn berlaku mulai April, Mei, dan Juni 2020.

Namun bagaimana untuk pengguna listri prabayar untk dua kategori tersebut alias pengguna token? Jangan khawatir, karena pelanggan bisa melakukan klaim token listrik gratis PLN melalui dua cara, yaitu via WhatsApp di nomor 08122-123-123 dan situs resmi www. pln.co.id.

Klaim token gratis sudah bisa dilakukan mulai hari ini melalui website resmi PLN di www.pln.co.id. Sedangkan untuk klai via WhatsApp baru bisa dilakukan 6 April 2020 mendatang.

“Untuk nomor WhatsApp memang hari ini mendapatkan laporan sedikit bermasalah, bukan dari pihak PLN-nya, tapi dari pihak WhatsApp yang sedang meng-upgrade servernya, karena memang traffic-nya akan sangat tinggi,” jelas Darmawan, Jumat (4/4/2020). 

Baca Ini Juga Ya :   9 Perdebatan Paling Memusingkan yang Akan Kamu Alami Setelah Menjadi Ibu

Cara Klaim Token Gratis PLN

Untuk pelanggan pelanggan 450 VA dan 900 VA (subsidi), berikut cara mengklaim token listrik gratis melalui laman resmi atau PLN online :

  • Buka laaman www.pln.co.id yang kemudian diarahkan ke situs layanan.pln.co.id, lalu masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid-19.
  • Masukkan ID pelanggan/ nomor meteran. Kemudian token listrik gratis akan ditampilkan di layar.
  • Pelanggan dapat memasukkan token listrik gratis tersebut ke meteran sesuai dengan ID pelanggan.

Cara Mengecek Status Subsidi di Struk Tagihan Listrik

Pelanggan golongan 900 VA bisa mengetahui apakah tergolong kelompok subsidi atau non subsidi dengan mengecek struk tagihan atau token listrik yang sebelumnya sempat dibayarkan.

Apabila pelanggan membeli token listrik, lalu di dalam struknya tercantum tlisan kode R1M, maka ia termasuk ke dalam golongan pelanggan mampu atau non subsidi. Dengan demikian, pelanggan tidak termasuk yang memperoleh diskon 50 persen atau listrik gratis.

Hal yang sama juga berlaku pada pelanggan pasca bayar golongan 900 VA.

Jika ada kode huruf M, berarti termasuk kategori pelanggan mampu. Sebaliknya, jika hanya kode R1 maka termasuk kategori bersubsidi.

“Pelanggan pascabayar kalau dilihat struknya ada R1M, mampu, ini non-eligible mendapatkan insentif pemerintah sampai saat ini,” katanya.

Baca Ini Juga Ya :   Wahhh.. 10 Makanan Ini Masih Bisa Dimakan Meski Tanggal Best-Before nya sudah Lewat
View this post on Instagram

Hai Electrizen, Mimin mau kasih tau kalau Token Gratis dari PLN untuk Pelanggan Rumah Tangga Prabayar 450 VA dan 900 VA Subsidi SUDAH DAPAT DIAKSES LOHH! Electrizen dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id  Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir untuk Pelanggan 450 VA dan sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan 900VA bersubsidi, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Mekanisme website dengan cara: 1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19 2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar. 3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Atau anda juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara : 1. Buka Aplikasi WhatsApp 2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan. 3. Token gratis akan muncul 4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan, atau paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang digratiskan sudah dapat terlayani seluruhnya. #PLNatasiCorona #PLNTerbaik #PLNBerbakti

A post shared by PLN (@pln_id) on

Kebijakan listrik gratis 3 bulan ini sendiri tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang- Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebihakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan.

Untuk melakukan kebijakan ini, pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp 3,5 triliun.

Semoga saja kebijakan ini bisa membantu perekonomian masyarakat yang sudah terdampak Covid-19.

Baca Ini Juga Ya :   15 Cara Efektif Mengerjakan Skripsi Agar Cepat Selesai

Share :

Komentar

komentar

Tags:
Loading...

You Might also Like