Type to search

Relationship

Secuil Tips agar Kamu Nggak Insecure Lagi dalam Menjalani Hubungan

Tips untuk mengatasi insecure dalam hubungan
Share :

Perasaan khawatir yang muncul saat kamu menjalani hubungan itu sebenarnya adalah hal yang normal. Itu berarti kamu merasa terikat dengan pasangan dan ingin menjaga hubungan yang kamu jalani.

Namun, jika kamu selalu dikuasai oleh rasa cemburu dan insecure alias perasaan tidak aman, ini bisa berdampak buruk pada kualitas hubunganmu. Saat insecure menguasaimu, rasa percaya dirimu akan terusik dan pikiran negatif anak sering bermunculan.

Salah satu tanda insecure ini adalah rasa cemburu. Di tahap awal mungkin ini tidak terasa berbahaya dan terasa romantis. Namun jika perasaan cemburu ini berlebihan dan membuatmu sering mempertanyakan kesetiaan pasangan, ini bisa terasa sangat mengganggu.

Nah, agar ini tidak berdampak terlalu jauh, cobalah beberapa tips berikut ini untuk mencegahnya :

Cobalah membangun kembali rasa percaya dirimu

Rasa percaya diri runtuh saat insecure menguasaimu

Rasa insecure yang sudah melekat kuat memang sering sulit untuk disingkirkan. Perasaan ini bisa menghancurkan kestabilan emosimu dan menghancurkan rasa percaya dirimu.

Untuk mengatasinya, pengint sekali untuk kamu membangun kembali rasa percaya dirimu. Bagaimana caranya?

Kamu bisa melakukan self-care atau aktivitas yang mencerminkan rasa cinta pada diri sendiri. Misalnya saja memanjakan diri di salon, berolahraga untuk menjaga kesehatan, atau melakukan aktivitas ‘me time’ favorit.

Mulailah melakukan kebiasaan ini satu per satu untuk menghalau pikiran negatif tentang dirimu sendiri. Bangunlah kebiasaan baru yang membangkitkan rasa kepercayaan dirimu.

Baca Ini Juga Ya :   Banyak Wanita Selingkuh karena Suami Tidak Mau Membantu di Rumah

Ketahui akar masalahnya, dan selesaikan masalah itu

Ketahui penyebab kamu insecure

Perasaan insecure biasanya dilatarbelakangi suatu hal. Bisa jadi pengalaman asmaramu sebelumnya, atau komentar orang lain di unggahan media sosialmu?

Cobalah menggali penyebab kamu merasa insecure dalam hubunganmu dengan sebaik- baiknya. Menyelesaikan masalah ini akan sulit jika kamu tidak tahu akar masalahnya.

Setelah mengetahuinya, Anda coba belajar untuk merangkul masalah tersebut dan menyelesaikannya. Dengan begitu, Anda bisa menghalau perasaan tidak aman itu langsung dari sumbernya.

Percayalah pada pasangan karena ini adalah pondasi sebuah hubungan

Membangun kepercayaan pada pasangan untuk mengatasi insecure

Kunci hubungan yang sehat adalah kepercayaan. Selain saling berbagi rahasia dengan pasangan tanpa cemas, kalian juga harus saling memberi rasa nyaman pada hal yang disampaikan. Percaya bahwa ia tidak akan berkhianat dan menyakiti.

Saat kalian mempunyai rasa kepercayaan yang kuat, kalian akan hadir secara fisik dan emosional, serta bisa diandalkan satu sama lain. Ini akan membuat hubungan kalian terasa semakin kuat untuk melangkah ke jenjang selanjutnya.

Baca Ini Juga Ya :   Ini Alasan Kenapa Anak Sulung dan Anak Bungsu adalah Pasangan Paling Ideal

Hindari berpikir berlebihan karena ini mengusik ketentraman hatimu

Overthinking membuat kamu merasa insecure

Sesekali mungkin pasanganmu nggak bisa menepati janji atau mengabulkan permintaan nge-date mu. Sesekali juga mungkin ia ingin berkumpul dengan teman- temannya tanpa mengajakmu.

Jangan langsung baper dan berfikir yang tidak- tidak. Kejadian yang sesekali itu bukan indikasi dia menyembunyikan sesuatu atau selingkuh di belakang. Selama yang dilakukannya adalah hal yang masih lumrah, kamu nggak perlu mengkhawatirkannya.

Beri pasangan ruang, karena ia juga perlu berkembang

Sama seperti kamu, pasanganmu juga mempunyai dunianya yang lain. Entah itu pertemanannya atau dunia dalam karirnya. Saat kamu insecure, kamu mungkin menghalangi dirimu untuk memberi pasangan lebih banyak ruang.

Padahal, ia membutuhkan ruang itu untuk membuat dirinya berkembang dalam karir dan juga emosional. Percayalah, ini tidak akan berdampak buruk terhadap hubunganmu. Sebaliknya, dukungan dan ruang yang kamu berikan akan membuat dia menjadi manusia yang lebih hebat lagi.

Loading...
Baca Ini Juga Ya :   Cara Unik Memberi Salam di Berbagai Belahan Dunia. Nomer 5 & 6 Paling Bikin Baper

Buang pengalaman negatif dari hubungan yang sudah lalu

Buang pengalaman buruk masa lalu untuk mengatasi insecure

Kamu mungkin punya pengalaman kurang menyenangkan dari hubungan asmaramu sebelumnya. Mengingat mantan yang pernah memperlakukanmu dengan buruk bisa membuat perasaan insecure semakin besar.

Padahal sudah jelas kamu belajar dari hal itu. Dan saat ini kamu sudah menjalin hubungan dengan orang yang benar- benar berbeda.

Batasi media sosial kalau ini mulai sangat berpengaruh ke pikiran dan emosional

Batasi penggunaan media sosial untuk mengatasi rasa tidak aman

Kalau media sosial sudah mulai mencuri kebahagiaanmu dengan membandingkan dirimu dengan orang lain yang terlihat sempurna, cobalah membatasi akses mu. Gawatnya, hal seperti ini kadang terbawa ke hubunganmu di dunia nyata.

Misalnya saja karena medsos membuatmu merasa nggak sempurna atau kurang cantik, itu membuatmu merasa insecure dengan hubunganmu. APalagi kalau kamu sampai stalking mantan pasanganmu dan berusaha keras untuk terlihat lebih cantik dari mereka. Ini sama artinya kamu melakukan hal yang sia- sia.


Share :

Komentar

komentar

Tags:
Loading...

You Might also Like